Adsense

Kamis, 07 September 2017

Cara Mengisi Kuesioner pada Aplikasi PMP dengan Lebih dari Satu Komputer

Mengutip dari surat pemberitahuan Admin Dapodikdasmen tentang Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). disitu dijelaskan bahwaPenjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan.

Dalam rangka memfasilitasi agar proses pelaksanaan system penjaminan mutu untuk satuan pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Adanya Aplikasi PMP diharapkan dapat
memberikan fasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan sistem penjaminan mutu dalam rangka memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan nyata di lapangan.

Aplikasi PMP dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kaidah-kaidah Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Di dalam aplikasi PMP tersedia kuesioner untuk setiap stakeholder sekolah yang digunakan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Secara teknis Aplikasi PMP bersifat komponen opsional (add ons/pengaya) dari Aplikasi Dapodik, maka Aplikasi PMP akan dapat diinstall dan berjalan jika dikomputer tersebut telah ter-install Aplikasi Dapodik. Secara otomatis Aplikasi PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya Aplikasi PMP akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut.

Untuk mengunduh Aplikasi PMP silahkan buka LINK INI. Setelah Aplikasi PMP terinstal langkah berikutnya adalah membuka Manajemen Pengguna untuk menambah pengguna aplikasi yang akan mengisi Kuesioner, antara lain Pengawas, Komite Sekolah, PTK, dan Peserta Didik. Untuk PTK dan Peserta didik cukup klik di Salin Peserta Didik dan Salin PTK, maka data siswa dan PTK yang ada di Aplikasi Dapodik akan masuk ke data pengguna di aplikasi PMP.

Untuk mulai mengerjakan isian Kuesioner pada Aplikasi PMP, buka Tab Tukar Pengguna pilih PTK atau Peserta Didik, klik/pilih Nama kemudian klik TUKAR, Maka APlikasi akan tampil dengan nama pengguna sesuai yang dipilih, kemudian isikan jawaban Kuesioner pada Formulir isian yang telah diisi oleh PTK atau Peserta Didik yang bersangkutan. Formulir Instrumen PMP dapat diunduh di Sini. Cara ini memakan waktu yang cukup lama karena hanya dapat dikerjakan di satu komputer atau laptop dengan cara bergantian untuk setiap usser/penggunanya.

Untuk mempercepat proses pengerjaan bisa menggunakan sistem sharing, caranya : 
  1. Pastikan komputer/Laptop yang telah terinstal PMP mempunyai koneksi internet yang cepat/lancar.
  2. Cari tahu IP Adress komputer/laptop yang terinstal Aplikasi PMP karena ini akan dijadikan sebagai server, caranya bisa dengan klik start .. pada search box ketik ipconfig, maka akan muncul informasi akses internet.
  3. Setelah mendapatkan  ip adress Komputer/Laptop kita, kemudian copy / ketikan pada New Tab browser ditambah " :1745 " tanpa tanda kutip. contoh 192.168.0.12:1745, kemudian ENTER, 
  4. Akan muncul halaman login untuk aplikasi PMP. Jika cara ini sudah berhasil, maka bisa dilakukan di komputer/laptop lain yang tentunya mempunyai koneksi internet juga, caranya sama ketikan IP adress Komputer/Laptop yang dijadikan server dan tambahkan :1745 pada new tab browser.
Cara Login :
Login PTK :
  1. Silahkan login aplikasi dapodik terlebih dahulu, kemudian pilih PTK yang akan kita buatkan user untuk login Di PMP, Setelah anda pilih. Silahkan klik menu penugasan. Lalu pada bagian bawah sekali pilih Buat Akun PTK. Isikan password dan simpan.
  2. Buka Aplikasi PMP, login menggunakan Ussername dan Password PTK yang dibuatkan di dapodik tadi.
  3.  mulai mengisi Kuesioner.
Sementara untuk Login Peserta didik adalah dengan menggunakan NISN  sebagai Usser dan Passwordnya.


Selamat mengerjakan!

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Acara Rapat Pleno Dewan Pendidik tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Tahun 2022

Penetuan kelulusan Tahun 2022 merujuk pada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2022 yang mana dala...