Adsense

Minggu, 02 Februari 2020

Cara Backup dan Restore Database Aplikasi EDSDikdasmen 2019


Semangat pagi!!! Jangan lupa untuk mengawali hari dengan doa dan tersenyum :).. lewat postingan ini sribu share akan berbagi cara untuk Backup dan restore Database aplikasi EDSDikdasmen atau lebih dikenal dengan nama Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan). Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita membuat sebuah backup data, dan kali ini saya akan berbagi cara membackup database EDSDikdasmen.

Banyak dari kita pasti sudah tahu cara ini, tapi izinkan saya untuk menyampaikan kembali informasi ini, siapa tahu ada dari kita semua yang butuh info ini dan atau mungkin lupa belum melakukan backup data :)

Seperti yang kita ketahui, EDSDikdasmen telah melewati berbagai perbaikan dan optimasi pada sistem maupun database sampai akhirnya muncul Versi pengerjaan Offline terakhir untuk saat ini yakni versi : 2019.12.18

Walaupun masih ada beberapa kendala dalam mengerjakannya, seperti susah sincronisasi karena terjadwal maupun Disconnected terus :) atau lain hal, tapi jika kita kuat dan tabah, semua itu bakal selesai :D.


Maka dari itu jangan lupa untuk membackup pekerjaan yang telah susah payah dikerjakan tersebut, bagi yang sudah tahu boleh nyimak sambil ngopi saja ya :D anggaplah ini sebagai pengingat :D

Berikut Cara Backup dan restore Database aplikasi EDSDikdasmen disertai gambar.


Langkah Pertama yakni ketik services.msc di pencarian file lalu tekan ENTER



Setelah tekan enter, akan muncul dialog box seperti ini :



Langkah 2 : Lalu Scroll ke bawah untuk menemukan Nama servis PMPDB pada roda Gigi, setelah ketemu, klik pada PMPDB lalu klik Stop the services


Setelah proses sebentar....


Langkah 3 : kemudian kita buka windows explorer. Pada Windows (C:) kita cari Folder EDSDikdasmen pada folder File Program.


Setelah ketemu...

Langkah 4 : Double klik atau buka Folder EDSDikdasmen pada folder File Program tersebut lalu pilih folder database. Pada Folder database inilah semua pekerjaan atau kerja keras pengisian PMP itu tersimpan. So jangan lupa setelah ketemu langsung COPAS ke Flashdisk atau ke tempat lain yang mudah kita ingat.



AMAN!! Semua pekerjaan sudah terbackup, jika sewaktu-waktu dibutuhkan kita tinggal cari file database yang kita copy tersebut untuk kita restore.

Langkah 5 : setelah folder database kita copy ke tempat yang aman dan mudah diingat, maka kita buka kembali services.msc, Scroll ke bawah untuk menemukan Nama servis PMPDB pada roda Gigi, setelah ketemu, klik pada PMPDB lalu klik Start the service.




Tunggu sebentar untuk kemudian kita CLOSE. Selesai.


Bagaimana cara me restore file database tersebut?

Misalnya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada Laptop yang terinstal aplikasi PMP atau hal lain yang menyebabkan aplikasi atau laptop rusak.

Setelah kita instal ulang aplikasi EDSDikdasmen, maka kita bisa berlega hati karena kita masih bisa me restore file pekerjaan yang sudah kita kerjakan sebelumnya, setelah di restore maka kondisi akan sama dengan kondisi terakhir pengerjaan kita.

Langkahnya sama dengan cara membackup tadi, hanya saja pada langkah ke 4 : setelah membuka Folder EDSDikdasmen pada folder File Program, folder database tersebut kita timpa atau kita GANTI dengan folder database hasil backup yang kita simpan sebelumnya.

Setelah folder database tersebut selesai kita copykan, maka jangan lupa kita buka kembali services.msc, Scroll ke bawah untuk menemukan Nama servis PMPDB pada roda Gigi, setelah ketemu, klik pada PMPDB lalu klik Start the service, tunggu sebentar untuk kemudian kita CLOSE. Selesai.

Jalankan aplikasi EDSDikdasmen yang baru kita instal ulang, setelah berhasil login, maka tampilan akan otomatis sama dengan tampilan atau hasil kerja kita sebelumnya. Salam sukses.

1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And earning money online using it is as simple as 1---2---3!

    Here is how it works...

    STEP 1. Choose affiliate products the system will promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products all on it's own!

    Are you ready??

    Click here to make money with the system

    BalasHapus

Berita Acara Rapat Pleno Dewan Pendidik tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Tahun 2022

Penetuan kelulusan Tahun 2022 merujuk pada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2022 yang mana dala...