Adsense

Kamis, 14 Februari 2019

Contoh Berita Acara PRA UN atau Penilaian Semester, Praktis dan Hemat Kertas

Ternyata, cara kita mengonsumsi kertas turut menyebabkan punahnya hutan beserta flora & fauna di dalamnya. Dampaknya, jumlah emisi gas rumah kaca yang dilepas ke atmosfer meningkat! Hemat kertas adalah cara paling sederhana yang bisa kita kontribusikan untuk mengurangi kebutuhan membabat hutan. Dengan menghemat kertas , anda dapat mengurangi tekanan terhadap hutan, mengurangi penggunaan energy dan mencegah perubahan iklim, membatasi polusi air, udara dan mengurangi sampah

 Apa yang bisa kita (Anda dan Saya) lakukan?

-          Kurangi penggunaan kertas dan tisu
-          Gunakan dua sisi kertas
-          Hindari mencetak dokumen, gunakan softcopy
-          Gunakan kertas daur ulang 
-          Salurkan sampah kertas Anda ke pemulung atau industri kertas daur ulang 

 Kurangi Penggunaan Kertas untuk Selamatkan Bumi dari Pemanasan Global!
sumber : WWF Indonesia

Walaupun sepertinya susah jika kita yang bekerja di dunia pendidikan untuk tidak menggunakan kertas, apalagi bukti fisik itu penting. Sepertinya tidak menggunakan kertas itu dirasa tidak mungkin, maka jalan satu-satunya adalah  BERHEMAT menggunakan kertas. 

Lalu apa saja konsumsi kertas yang bisa di hemat penggunaannya di sekolah? 

Yang pertama adalah Hemat untuk surat edaran pemberitahuan, baik itu pemberitahuan tes dan jadwal maupun aneka pemberitahuan yang lain, karena biasanya surat pemberitahuan ini dicetak dalam jumlah yang banyak.

Cara menghematnya yaitu dengan memanfaatkan teknologi, karena sekarang sudah jamannya gadget, Orangtua peserta didik maupun peserta didik itu sendiri pasti sudah memiliki gadget atau HP android.

Kita bisa menggunakan grup jejaring sosial, WA misalnya, untuk dijadikan sebagai wadah atau tempat penyampaian informasi. Setiap wali kelas membuat grup jejaring sosial untuk satu kelasnya,
Surat edaran bisa di cetak satu lembar untuk arsip sekolah, kemudian di scan lalu di share ke wali kelas, untuk kemudian diteruskan ke grup orangtua. 

Mengurangi penggunaan tisu sudah pasti sangat mudah dilakukan, sebagai pengganti tissu, kita bisa menggunakan sapu tangan, karena sapu tangan bisa dicuci keringkan dan digunakan kembali. yang sulit itu MAU ATAU TIDAK :)

Sesuai dengan judul postingan, kali ini saya akan berbagi contoh format berita acara pelaksanaan Pra UN atau Penilaian Akhir semester yang praktis dan hemat kertas. 

Berita acara pelaksanaan ujian sangat penting dibuat karena sebagai bukti fisik pelaksanaan ujian,  karena dalam berita acara pelaksanaan tersebut tercantum tanda tangan peserta didik yang mengikuti ujian.

Umumnya berita acara pelaksanaan  ujian untuk satu kelas pada satu mata pelajaran yang diujikan dicetak pada satu lembar kertas. Jika pada satu tingkat ada 10 rombel dan 12 mata pelajaran yang diujikan, maka membutuhkan kertas 120 lembar.

Namun di sini saya akan berbagi contoh yang lebih hemat kertas, yakni untuk satu kelas dalam enam hari pelaksanaan ujian/ 12 mata pelajaran dicetak pada dua lembar kertas F4 atau bisa juga pada satu lembar kertas jika dicetak bolak-balik. dan berikut contohnya.

Lembar pertama :

 lembar kedua :

Untuk satu kelas pada enam hari pelaksanaan untuk 12 mata pelajaran, jika menggunakan format di atas dan dicetak pada satu lembar kertas bolak-balik, maka hanya membutuhkan 1 lembar.  kita sudah hemat 11 lembar kertas lho :), jika 10 kelas maka tinggal dikalikan saja jumlah kertas yang bisa dihemat :) banyak kan???  itung-itung ikut mensukseskan program go green :) 

Oke, sekian cara berhemat kertas yang dapat sribu share bagikan, semoga bermanfaat. Contoh format berita acara di atas bisa diganti sesuai kebutuhan. 

1 komentar:

Berita Acara Rapat Pleno Dewan Pendidik tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Tahun 2022

Penetuan kelulusan Tahun 2022 merujuk pada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2022 yang mana dala...