Adsense

Rabu, 31 Oktober 2018

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Microsoft Word

Dalam pembuatan atau penyusunan proposal, program kerja maupun buku, biasanya penomoran halaman pada bagian halaman sub judul, daftar isi atau kata pengantar menggunakan urutan angka romawi, i, ii, iii dan seterusnya, baru kemudian pada halaman berikutnya, pada bab 1 semisalnya penomoran menggunakan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Lalu bagaimana cara membuat penomoran halaman atau Page Number yang berbeda dalam satu file pada microsoft word tersebut? Caranya sangat mudah, cukup lanjutkan saja membaca :)..

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi cara untuk membuat penomoran halaman yang berbeda dalam satu file pada ms. word. dan berikut urutannya


Setelah pembuatan Buku atau Proposal atau Program kerja sudah jadi atau tersusun dengan baik, sebelum penomoran halaman, ada baiknya kita setting terlebih dahulu ukuran kertas dan margins nya agar ketika di print nomor halaman tetap tercetak.

 Setelah setting page setup selesai, untuk penomoran halaman awal seperti biasa yakni klik INSERT à Page Number à  Pilih letak atau posisi nomor halaman, sebagai contoh pilih : Bottom of Page à Plain number 2



Setelah posisi nomor halaman terpilih, untuk setting format numbernya, kembali kita klik Insert à Page Number à Format Page Number , akan muncul dialog box, kemudian pada Number Format  pilih i, ii, iii, and then klik pada Start at pilih i . Klik Urut seperti tanda panah



Setelah cara tersebut di atas selesai, maka nomor halaman atau page number akan tampil urut dari i, ii, iii dan seterusnya mulai halaman pertama, kedua dan selanjutnya.

Jika Kita INGIN mengubah pada halaman ke empat misalnya, dirubah menjadi urut dimulai dari angka 1, ( dengan urutan i , ii, iii, 1, 2, 3 dst ), maka bisa dilakukan dengan cara tersebut di bawah ini :

LETAKAN Kursor pada bagian akhir pada halaman ketiga atau sebelum halaman yang akan kita ubah menjadi urut angka 1.

Kemudian Klik Page Layout --> Breaks --> Next Page, maka kursor akan otomatis lompat atau pindah ke halaman yang akan kita ubah menjadi urut dari angka 1.



LANGKAH TERAKHIR adalah KLIK kembali Insert à Page Number à Format Page Number , akan muncul dialog box, kemudian pada Number Format  pilih 1, 2, 3 and then klik pada Start at  pilih 1 , maka otomatis halaman ke empat dan seterusnya akan berubah menjadi urut dimulai dari nomor 1.

SELESAI, bisa dilihat nomor halamannya, sudah pasti berubah menjadi urutan dimulai dari angka 1.

Jika ingin membuat posisi atau letak nomor halaman berbeda, misalnya pada halaman pertama terletak di bawah, kemudian halaman berikutnya berada di pinggir kanan atas, maka bisa dilihat caranya pada gambar berikut :




Sekian cara membuat nomor halaman atau Page Number yang berbeda dalam satu file pada ms. word, semoga bermanfaat, bantu share jika ada yang membutuhkan informasi ini, terima kasih :)


1 komentar:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus

Berita Acara Rapat Pleno Dewan Pendidik tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Tahun 2022

Penetuan kelulusan Tahun 2022 merujuk pada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2022 yang mana dala...